STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PANTAI LAGUNA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN KAUR

Melky Alex Suhendra, Melky (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PANTAI LAGUNA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN KAUR. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
MELKY ALEX SUHENDRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pantai laguna dalam meningkatkan kunjungan wisatawan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 2 orang informan kunci dan 3 orang informan pokok, hasil penelitian mengunakan Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan telah berjalan sesuai dengan teori Strategi Komunikasi Pemasaran Marketing Mix : (Morisan 2015:141) meliputi antara lain:1.) Product (Produk), Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur dan pengelola Pantai Laguna BUMDes menawarkan keindahan alam pasir putih, taman batu karang, dan air laut yang bersih serta jernih sehingga kelihatan sekali karang dan ikan-ikan kecil yang bersarang diselah-selah batu karang. 2) Price (Harga) ketetapan penentuan biaya karcis masuk objek wisata Pantai Laguna berdasarkan peraturan Bupati yang menetapkan hasil dari musyawarah antara Dinas Pariwisata dan pengelolah dilaporkan kepada Bupati untuk membuatkan peraturannya yang menjadikan dasar hukum yang kuat dan mengikat untuk dapat dilaksankan baik dinas maupan pengelolah.3) Place (Tempat) Pantai Laguna sangatah strategis karana lokasinya dipinggir jalan lintas Sumatra, sehingga aksesnya lebih cepat dan tidak banyak membutuhkan biaya bagi pengujung dalam berwisata. 4) Promotion (Promosi) dalam mempromosikan objek wisata Pantai Laguna dinas pariwisata dan pengelola menggunakan media sosial yakni Instagram dan Facebook. 5) People (Orang) adanya keterlibatan langsung dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur kususnya bagian promosi, DKP dan Duta Wisata yang berkerjasama dalam mempromosikan objek wisata yang ada termasuk objek wisata Pantai Laguna. 6) Packaging (Kemasan) paket wisata yang diadakan oleh dinas Pariwisata kerjasama dengan pihak pengelolah yakni BUMDes sangat baik tanggapan oleh masyarakat dengan biaya ditetapkan oleh pengelolah dan dinas pariwisata untuk mengunakan fasilitas dengan membayar paket wisata. Tapi sayang paket tersebut sampai sekarang belum bisa dilaksanakan oleh dinas pariwisata Kabupaten Kaur. 7) Programing (Program) program yang diadakan oleh Dinas Pariwisata sangatlah efektif akan tetapi program tahun 2022 tersebut tidak dilaksanakan dikarenakan kegiatan tersebut di pindahkan ke lapangan merdeka. 8) Partenership (Kemintraan) adanya mitra kerjasama yang dilakukan oleh pemeritahan desa kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Kota, Dinas Provinsi dan tour perjalanan wisata untuk memajukan objek wisata pada Pantai Laguna Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Wisatawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:57
Last Modified: 03 Nov 2023 03:57
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item