MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BEREGU PADA SISWA-SISWI SMP NEGERI 01 BEMANI ILIR

ARI AGUNG SAHPUTRA, ARI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BEREGU PADA SISWA-SISWI SMP NEGERI 01 BEMANI ILIR. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
ARI AGUNG SAHPUTRA .pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang tepat serta sarana yang kurang memadai dalam proses pembelajaran bola voli sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Rumusan masalah tersebut bagaimana peningkatan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermian beregu pada siswa Kelas XII A SMPN 01 Bermani Ilir tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermain beregu untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil tes unjuk kerja , sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian melalui pendekatan bermain beregu sedangkan subjeknya adalah siswa Kelas XII A SMPN 01 Bermani Ilir. Pengambilan data dalam penelitian ini dirancang dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus 2, baik dari peningkatan nilai rata- rata pembelajaran passing bola voli maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Nilai rata-rata siklus 1 (75,33%) dan rata-rata siklus 2 (81,19%), sehingga peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 5,86%. Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran bola voli passing bola voli dapat dilihat dari nilai KKM (75,00) atau tuntas sebesar 83,33% setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 15 dari 24 siswa (62,50%) dan pada siklus 2 yang tuntas sebanyak 20 dari 24 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar 83,33%. Kesimpulan peneliti ini adalah menunjukkan bahwa meningkatakan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermain beregu pada siswa kelas Kelas XII A SMPN 01 Bermani Ilir tahun Pelajaran 2012/2013 termasuk kategori baik. Saran penelitian ini untuk guru-guru penjas memenuhi permasalahan yang sama bisa menggunakan metode ini sebagai alternatif buat pembelajaran bola voli. Kata Kunci: Bermain, Voli, Beregu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 06 Nov 2023 05:02
Last Modified: 06 Nov 2023 05:02
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item