PENERAPAN DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI PENJUALAN PRODUK TERLARIS MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C5.0 (Studi Kasus Syarah Bakery Lingkar Barat)

Bagus Hakim Perkoso, Bagus (2023) PENERAPAN DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI PENJUALAN PRODUK TERLARIS MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C5.0 (Studi Kasus Syarah Bakery Lingkar Barat). Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
BAGUS HAKIM PERKOSO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data mining adalah proses untuk mendapatkan informasi yang berguna dari basis data yang besar dan perlu diekstraksi agar menjadi informasi baru dan dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari Penelitian ini Untuk menerapkan Data mining dalam mengklasifikasikan penjualan produk terlaris menggunakan Algoritma C5.0 Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Waterfall yang bersifat serial yang dimulai dari proses perencanaan, analisa, desain, dan implementasi pada sistem. Pada algoritma C5.0 dapat menangani atribut kontiyu dan diskrit. Pertama yang dilakukan adalah menghitung nilai entropy dari keseluruhan atribut, lalu menghitung nilai information gain tertinggi dari seluruh atribut sehingga didapatkan atribut yang akan digunakan sebagai akar atau parent. Saran dari penulis adalah agar dapat difungsikan Aplikasi Data Mining Nantinya untuk Mengetahui produk yang diminati dan membantu perencanaan penyediaan stok kedepannya. Kata Kunci : Data Mining, Klasifikasi, Algoritma C5.0

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: User 1
Date Deposited: 06 Nov 2023 08:03
Last Modified: 06 Nov 2023 08:03
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item