TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA MELALUI SISTEM OSS RBA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA BENGKULU

ELISA AGUSTINA, ELISA (2023) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA MELALUI SISTEM OSS RBA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
ELISA AGUSTINA .pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan perizinan berusaha melalui sistem OSS RBA di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei bersifat deskriptif dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis indeks kepuasan masyarakat berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017. Dalam mengumpulkan data mengguna-kan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna layanan yang terdaftar yaitu sebanyak 76 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan masyarakat dalam pelayanan layanan perizinan berusaha melalui sistem OSS RBA di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu telah berjalan dengan sangat baik dimana didapat hasil dari (1) Persyaratan dengan nilai interval 4.42, kategori sangat puas; (2) Sistem, Mekanisme dan Prosedur dengan nilai interval 4.47 kategori sangat puas; (3) Waktu penyelesaian dengan nilai interval 4.38 kategori puas; (4) Biaya/Tarif dengan nilai interval 4.85 kategori sangat puas; (5) Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan dengan nilai interval 4.40 kategori sangat puas; (6) Kompetensi Pelaksana dengan nilai interval 4.27 kategori sangat puas. (7) Perilaku Pelaksana dengan nilai interval 4.57, kategori sangat puas; (8) Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan dengan nilai interval 4,44 kategori sangat puas; (9) Sarana dan prasarana dengan nilai interval 4,36 kategori sangat puas, dengan nilai "A" dan kinerja unit pelayanan "Sangat Puas". Kata Kunci: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik, Perizinan Berusaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Komputer
Depositing User: User 1
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:30
Last Modified: 08 Nov 2023 03:30
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item View Item