ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUBLIK DI DESA PAGAR GUNUNG KECAMATAN PADANG GUCI HULU KABUPATEN KAUR

Candra Adi Putra, Candra (2023) ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUBLIK DI DESA PAGAR GUNUNG KECAMATAN PADANG GUCI HULU KABUPATEN KAUR. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
CANDRA ADI PUTRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat juga dapat membantu pelaksana pelayanan publik untuk mengetahui aspek-aspek apa yang perlu dibenahi untuk meningkatkan pelayanan publik secara khusus di Kantor Desa. Tujuan penelitian adalah menganalisis indeks kepuasan masyarakat pada pelayanan publik di Kantor Desa Pagar Gunung Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pengukuran nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 155 orang masyarakat Desa Pagar Gunung Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur yang mendapakan pelayanan dari Kantor Desa Pagar Gunung Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur. Indeks Kepuasan Masyarakt (IKM) untuk kualitas pelayanan pada Kantor Desa Pagar Gunung Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,20 berada pada penilaian baik. Selanjutnya IKM unit pelayanan dikalikan dengan 25 sehingga IKM pada Kantor Desa Pagar Gunung Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur adalah 80,07 dengan mutu pelayanan B dengan kriteria baik karena berada pada interval nilai 76,61 – 88,30. Unsur biaya/tariff mendapat penialian tertinggi dengan nilai rata-rata 3,63 dengan kritieria penilaian sangat baik. Hal ini menggambarkan bahwa masyarakat menilai Kantor Desa Pagar Gunung Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur memberikan pelayanan dengan gratis tanpa dipungut biaya. Nilai kepuasan terendah adalah 2,54 yaitu waktu penyelesaian dengan kriteria penilaian kurang baik. Hal ini mengambarkan bahwa waktu yang diperlukan untuk penyelesaian dokumen tidak sesuai dengan yang dijanjikan, disebabkan karena lambatnya pegawai dalam pemberian pelayanan, persyaratan yang kurang dan Kepala Desa yang sering tidak ada ditempat. Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:36
Last Modified: 08 Nov 2023 06:36
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item