PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPAREPART MOTOR PADA NICA MOTOR KEPAHIANG

REFALDO ROLANSYAH, REFALDO (2023) PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPAREPART MOTOR PADA NICA MOTOR KEPAHIANG. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
REFALDO ROLANSYAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap Produk yang bervariasi dan harga yang terjangkau akan memberikan sebuah keuntungan tersendiri bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang dagang karena hal ini akan memberikan sebuah dorongan kepada konsumen untuk mengambil sebuah tindakan pembelian di perusahaan tersebut.Tujuan dari Penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh antara kelengkapan produk dan harga terhadap keputusan pembelian sparepart pada Nica Motor Kepahiang. Sampel dalam penelitian ini 60 responden sesuai dengan sampel minimun. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Dari perhitungan persamaan regresi linier berganda dapat diketahui bahwa X1 (kelengkapan produk) dan X2 (harga) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y), dengan hasil uji regresi : Y = 9,920 + 0,304X1 + 0,455 X2.. Nilai koefesien determinasi sebesar 0,498. Hal ini berarti bahwa kelengkapan produk (X1) dan harga (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 49,8% sedangkan sisanya (100 - 49,8 = 50,2%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis secara parsial untuk variabel X1 (kelengkapan produk) menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (2,797 > 1,671) dan nilai signifikansi 0,007< 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya X1 (kelengkapan produk) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel X2 (harga) menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (4,479 > 1,671) dan nilai signifikansi 0,007< 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya X2 (harga) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (28,316 > 3,16) sejalan dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. artinya secara bersama-sama kelengkapan produk (X1) dan harga (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kata Kunci: Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:19
Last Modified: 09 Nov 2023 07:19
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item