PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INDOMARET AHMAD YANI MANNA BENGKULU SELATAN

ANDO ALVAREZ, ANDO ALVAREZ (2023) PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INDOMARET AHMAD YANI MANNA BENGKULU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
ANDO ALVAREZ.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan dituntut untuk kreatif dalam menetapkan strategi yang tepat, sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk. Perusahaan juga harus bisa bersaing secara kompetitif dalam menciptakan dan mempertahankan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui pengaruh antara citra merek dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Indomaret Ahmad Yani Manna Bengkulu Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah 75 orang konsumen yang berbelanja minyak Bimoli pada Indomaret Ahmad Yani Manna Bengkulu Selatan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil perhitungan dari perhitungan persamaan regresi linier berganda dapat diketahui bahwa X1 (citra merek) dan X2 (kualitas pelayanan) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y), dengan hasil uji regresi : Y = 12,881 + 0,291X1 + 0,420 X2 + 4,399 (e). Citra merek memiliki pengaruh yang signfiikan terhadap keputusan pembelian pada Indomaret Ahmad Yani Manna Bengkulu Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) bahwa nilai signifkan sebesar 0,000 kecil dari 0,05 dan thitung lebih besar dari ttabel (3,917>1,666). Artinya apabila citra merek meningkat maka keputusan pembelian juga akan meningkat. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signfiikan terhadap keputusan pembelian pada Indomaret Ahmad Yani Manna Bengkulu Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) bahwa nilai signifkan sebesar 0,000 kecil dari 0,05 dan thitung lebih besar dari ttabel (4,061 > 1,666). Artinya apabila komitmen organsasi meningkat maka keputusan pembelian juga akan meningkat. Citra merek dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signfiikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pelanggan pada Indomaret Ahmad Yani Manna Bengkulu Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji f) bahwa nilai signifkan sebesar 0,000 kecil dari 0,05 dan Fhitung > Ftabel (21,361 > 3,12). Nilai koefesien determinasi sebesar 0,372. Hal ini berarti bahwa X1 (citra meerk) dan X2 (kualitas pelayanan) memiliki kontribusi terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 37,2 % sedangkan sisanya 62,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. . Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:37
Last Modified: 09 Nov 2023 07:37
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item