PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MONTASE DI PAUD AMANAH KABUPATEN SELUMA

WITRI SUMIATI, WITRI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MONTASE DI PAUD AMANAH KABUPATEN SELUMA. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
WITRI SUMIATI.pdf

Download (450kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan montase di PAUD AMANAH Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas, prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan montase pada siklus I sebesar 65% dan pada siklus II didapati peningkatan sebesar 99%. Simpulan penelitian bahwa melalui kegiatan bermain montase dapat meningkatkan motorik halus anak kelompok B di PAUD AMANAH Kabpaten Seluma. Terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 99% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata kunci: Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Montase

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: User 4
Date Deposited: 11 Nov 2023 07:10
Last Modified: 11 Nov 2023 07:10
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item