UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DI PAUD NABILAH

ARTATI, ARTATI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DI PAUD NABILAH. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
ARTATI .pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui penggunaan media boneka tangan di PAUD Nabilah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga Classroom action research dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Nabilah Pondok Kepala yang berjumlah 10 orang anak. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitaif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitatif dugunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase. Hasil peningkatan keterampilan berbicara pada anak di PAUD Nabilah pada siklus I dengan presentase 44,95%, di siklus ke II dengan presentase 58,12%, dan siklus ke III dengan presentase 81,25%. Simpulan penelitian bahwa menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak di PAUD Nabilah pondok kelapa, terbukti pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan, hasil presentase pencapaian sebesar 81,25% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Media Boneka tangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: User 4
Date Deposited: 11 Nov 2023 07:15
Last Modified: 11 Nov 2023 07:15
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item View Item