PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI AUGMENTED REALITY

DOVIYO ANGGARA, DOVIYO (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
DOVIYO ANGGARA.pdf

Download (969kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis aplikasi augmented reality dan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis aplikasi augmented reality. penelitian ini adalah penelitian jenis pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation dan tahap terakhir adalah tahap evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Seluma pada kelas X TKJ dengan jumlah 30 siswa yang menjadi responden untuk kepraktisan media. Tahap pengujian kelayakan dilakukan oleh 3 orang ahli media dan 3 orang ahli materi. Hasil Penelitian ini adalah hasil pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi Android Augmented Reality untuk pembelajaran pengenalan komponen komputer. Hasil unjuk kerja dengan pengujian black box testing menunjukkan semua komponen pada aplikasi AR berfungsi dengan baik. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor rerata total 114 dengan kategori “Sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor rerata total 28,5 dengan kategori “sangat layak”. Serta rerata skor yang diperoleh dari penilaian hasil respon siswa yaitu mendapatkan rata-rata presentase 74,8% kategori “Baik” dan“Praktis” digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Augmented Reality, Komponen Komputer, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer
Depositing User: User 4
Date Deposited: 11 Nov 2023 07:20
Last Modified: 11 Nov 2023 07:20
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1311

Actions (login required)

View Item View Item