HAYYU MEILYANA, HAYYU (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK (Deskriptif Kualitatif di TK Jasa Mekar Mandiri Kabupaten Seluma). Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
HAYYU MEILYANA.pdf Download (990kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peran guru dalam meningkatkan kemandirian anak (deskriptif kualitatif di TK Jasa Mekar Mandiri Kabupaten Seluma). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala guru dalam meningkatkan kemandirian pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumntasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru dan murid di TK Jasa Mekar Mandiri Kabupaten Seluma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru dalam meningkatkan kemandirian anak di TK Jasa Mekar Mandiri Kabupaten Seluma yaitu: Pertama, peran sebagai pendidik yang dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada anak, dan menerapkan pembelajaran yang ada di sekolah . Kedua, peran sebagai pengajar yang dilakukan dengan cara guru memilih metode pembelajaran yang tepat, guru memberikan pujian dan motivasi kepada anak. Ketiga, peran sebagai pembimbing yang dilakukan dengan cara, guru melakukan pembiasaan dan pengulangan kepada anak, guru yang mempunyai pengetahuan yang luas, dan guru yang menanamkan sikap kerapian pada anak. Keempat, peran sebagai penilai guru menggunakan catatan harian dan penilaian raport. Kendala guru dalam meningkatkan kemandirian ada anak usia dini di sekolah antara lain yaitu: Lingkungan sekitar, dan Pola Asuh Orang Tua. Dapat Disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemandirian anak yaitu peran guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing,dan penilai. Kata kunci : Peran Guru, Kemandirian, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 03:53 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 03:53 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1335 |
Actions (login required)
View Item |