MANAJEMEN KOMUNIKASI PELAYANAN JASA TOUR DAN TRAVEL MANCA NEGARA DI PT. ZAFA MULIA MANDIRI WILAYAH BENGKULU

APRIADI, APRIADI (2023) MANAJEMEN KOMUNIKASI PELAYANAN JASA TOUR DAN TRAVEL MANCA NEGARA DI PT. ZAFA MULIA MANDIRI WILAYAH BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
APRIADI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengetahui cara PT Zafa Mulia Mandiri Wilayah Bengkulu memanajemen komunikasi dalam rangka melayani konsumen saat penundaan keberangkatan dan setelah diizinkan kembali memberangkatkan umrah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada suatu objek tertentu yang memelajarinya sebagai suatu kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perusahaan menentukan kriteria konsumen yang sehat dan memiliki kemampuan finansial, (2) perusahaan mengutamakan pelayanan terhadap konsumen, (3) perusahaan melakukan wawancara saat pendaftaran untuk mengetahui kondisi saat ini, (4) perusahaan melakukan pelayanan sebelum pandemi, saat pandemi, dan setelah pandemi sesuai dengan aturan yang berlaku, (5) perusahaan menginformasikan tentang penundaan keberangkatan, berkaitan dengan kondisi saat ini, (6) ketika diizinkan kembali memberangkatkan jamaah, dalam hal pelayanan, perusahaan mendahulukan konsumen yang tertunda keberangkatannya, dan (7) perusahaan bergerak cepat dalam menanggapi situasi saat ini, yaitu dengan memberangkatkan jamaah segera saat izin memberangkatka telah didapatkan. Hasil penelitian didasarkan pada konsep Management by Objectives (MBO) yang meliputi: (1) memahami sasaran yang diinginkan, (2) mencari fakta mengenai kondisi sekarang, (3) membandingkan sasaran yang diinginkan dengan fakta yang ada, (4) mencari penyebab persoalan, (5) memiliki alternatif keputusan penyelesaian masalah, (6) alternatif keputusan dengan menetapkan kriteria keputusan, dan (7) pengambilan keputusan yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Manajemen, Komunikasi, Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:35
Last Modified: 15 Nov 2023 07:35
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item