Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Futsal Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas XI IPS I Di SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah

Roy Wibowo, Roy (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Futsal Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas XI IPS I Di SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
ROY WIBOWO.pdf

Download (714kB)

Abstract

Kemampuan passing dalam permainan futsal siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing permainan futsal menggunakan metode drill. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas. Para peserta dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah dengan jumlah populasi kelas 23 siswa. Ada susunan penelitian: 1) rencana, 2) menerapkan, 3) mengidentifikasi, 4) refleksi. Data temuan diperoleh dengan menggunakan RPP, lembar observasi dan juga dokumentasi. Analisis data menunjukkan dalam presentasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata keterampilan passing kaki mendapat nilai tertinggi yaitu 70. Siswa yang mendapat nilai 75 atau lulus KKM hanya 13 siswa atau 56%. Namun pada siklus II rata-rata keterampilan foot-inside kelulusan mendapat nilai tertinggi 78, ada 19 siswa yang lulus atau 83%. Tercapainya target 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan dalam setiap aspek yaitu: peningkatan keaktifan siswa, keseriusan dan keberanian siswa mengikuti pelajaran, serta pembelajaran yang menyenangkan lingkungan yang dapat memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran. Kata kunci: Futsal, Passing Futsal Menggunakan Metode Drill, Keterampilan Futsal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:30
Last Modified: 16 Nov 2023 05:30
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item