STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN LEBONG

Reno Oktapian, Reno (2023) STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN LEBONG. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
RENO OKTOPIAN.docx.pdf

Download (724kB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai dibidang pemasaran. Untuk memperoleh hasil yang optimal, strategi pemasaran ini mempunyai ruang lingkup yang luas di bidang pemasaran diantaranya adalah strategi dalam menghadapi persaingan, strategi harga, strategi produk, strategi pelayanan dan sebagainya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemasaran objek wisata di Kabupaten Lebong. Sampel pada penelitian ini 6 orang pegawai pada Dinas Pariwisata Kabupaten Lebong yang bertugas melakukan pemasaran pariwisata di Kabupaten Lebong untuk faktor internal dan untuk faktor eksternal yaitu pengunjung atau wisatawan objek wisata alam air putih di Kabupaten Lebong sebanyak 30 orang, sehingga total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 orang Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT yang terdiri dari Matrik Faktor Strategi Internal (IFAS) dan Matrik Faktor Strategi Eksternal (EFAS). Hasil penelitian tentang strategi pemasaran wisata di Kabupaten Lebong, maka diperoleh beberapa kesimpulan yaitu strategi pemasaran wisata alam air putih Kabupaten Lebong mendukung strategi agresif. Hasil dari penjumlahan kekuatan yang dimiliki adalah 18,52 sedangkan kelemahan adalah 9,24, jadi kuadran internal faktors yaitu 18,52– 9,24= 9,28 artinya pemasaran wisata alam air putih Wisata alam air putih Kabupaten Lebong memanfaatkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan yang terdapat pada internal. Peluang yang dimiliki dari strategi tersebut sebesar 17,60 dan ancaman sebesar 9,70. Jadi kuadran eksternal faktor yaitu 17,60 – 9,70 = 7,90 artinya kemampuan yang tinggi pemasaran wisata alam air putih Wisata alam air putih Kabupaten Lebong memanfaatkan peluang-peluang dan mengatasi ancaman-ancaman yang dihadapi oleh perusahaan dalam pemasaran wisata alam air putih. Kata Kunci : Pemasaran Objek Wisata, SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:57
Last Modified: 17 Nov 2023 02:57
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item View Item