FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE PADA TOKO SENTRAL CELL LUBUK LINGGAU

Mira Andina, Mira (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE PADA TOKO SENTRAL CELL LUBUK LINGGAU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
MIRA ANDINA.pdf

Download (942kB)

Abstract

Keputusan pembelian merupakan tahap terakhir konsumen dalam menentukan atau mengetahui suatu produk dan akan memutuskan membeli produk yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat transaksional, minat referensial, minat preferensial dan minat ekploratif secara bersama-sama terhadap minat konsumen dalam keputusan pembelian Smartphone Pada Toko Sentral Cell Lubuk Linggau. Populasi dalam penelitian ini adalah pembelian Smartphone Pada Toko Sentral Cell Lubuk Linggau dan sampel dalam penelitian ini 50 orang pelanggan yang melakukan pembelian Smartphone. Pengumpulan data menggunakan insturumen berupa kuisioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil Penelitian Persamaan regresi yang didapatkan adalah sebagai berikut: Y= 9.747 + 0.897 X1 + 0.832 X2 + 0.776 X3 + 0.890 X4 + e 1.820 artinya apabila ada peningkatan Minat Transaksional, Minat Referensial, Minat Preferensial Minat Eksploratif berpengaruh terhadap Keputusan pembelian juga akan meningkat. Minat Transaksional berpengaruh terhadap Keputusan pembelian. Minat Transaksional (X1), menunjukkan t hitung sebesar 2.954 > t tabel 1.66140 signifikan 0,000 < dari 0,050, variabel Minat Transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel Minat Referensial (X2), menunjukkan t hitung sebesar 2.525 > t tabel 1.66140 dengan tingkat signifikan 0,014 < dari 0,050. variabel Minat Referensial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Minat Preferensial berpengaruh terhadap Keputusan pembelian. Variabel Minat Preferensial (X3), menunjukkan t hitung sebesar 2.344 > t tabel 1.66140 dengan tingkat signifikan 0,000< dari 0,050. Minat Preferensial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Minat Eksploratif berpengaruh terhadap Keputusan pembelian. Minat Eksploratif (X4), menunjukkan t hitung sebesar 2.980 > t tabel 1.66140 dengan tingkat signifikan 0,000< dari 0,050. Minat Eksploratif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Kata Kunci : minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, minat ekploratif, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:00
Last Modified: 17 Nov 2023 08:00
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item