ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PUSKESMAS PERAWATAN PAGAR JATI KECAMATAN PAGAR JATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

DESMANTO, DESMANTO (2023) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PUSKESMAS PERAWATAN PAGAR JATI KECAMATAN PAGAR JATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
DESMANTO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat juga dapat membantu pelaksana pelayanan publik untuk mengetahui aspek-aspek apa yang perlu dibenahi untuk meningkatkan pelayanan pada Puskesmas Perawatan Pagar Jati Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik berdasarkan indeks kepuasan masyarakat (IKM) pada Puskesmas Perawatan Pagar Jati Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pengukuran nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 191 orang pasien yang mendapatkan pelayanan dari Puskesmas Perawatan Pagar Jati Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. Indeks Kepuasan Masyarakt (IKM) untuk kualitas pelayanan pada Puskesmas Perawatan Pagar Jati Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,18 berada pada penilaian baik. Selanjutnya IKM unit pelayanan dikalikan dengan 25 sehingga IKM pada Puskesmas Perawatan Pagar Jati Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah adalah 79,38 dengan mutu pelayanan B dengan kriteria baik karena berada pada interval nilai 76,61 – 88,3. Unsur biaya/tariff mendapat penialian tertinggi dengan nilai rata-rata 3,53 dengan kritieria penilaian sangat baik. Hal ini menggambarkan bahwa pasien menilai Puskesmas Perawatan Pagar Jati Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah memberikan pelayanan dengan gratis tanpa dipungut biaya. Nilai kepuasan terendah adalah 2,64 yaitu waktu penyelesaian dengan kriteria penilaian kurang baik. Hal ini mengambarkan bahwa kurangnya kecepatan dalam pelayanan disebabkan kurangnya tenaga medis atau tenaga kesehatan yang ada sedangkan masyarakat yang meminta pelayanan kesehatan cukup banyak sehingga menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Puskesmas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 18 Nov 2023 04:09
Last Modified: 18 Nov 2023 04:09
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item