PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI SMKN 3 SELUMA

YUKI EDI SAPUTRA, YUKI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI SMKN 3 SELUMA. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
YUKI EDI SAPUTRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang didasarkan perhitungan angka-angka dengan menggunakan perhitungan statistik, jenis penelitian eksperimen one group pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ SMKN 3 Seluma sebanyak 30 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample t-test. Dari hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test didapat nilai sig (2-tailed) bernilai 0,000. Dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, serta membandingkan nilai t hitung dengan t tabel diperoleh nilai t hitung 16,554 > t tabel 2,045 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhdapa hasil belajar pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan di SMKN 3 Seluma ada pengaruhnya. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer
Depositing User: User 1
Date Deposited: 18 Nov 2023 04:47
Last Modified: 18 Nov 2023 04:47
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item