PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN

NEVIANTI, KRISTINA (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Other (SKRIPSI)
NEVIANTI KRISTINA.AZA.ABSTRACT UTK PRODI.PDF

Download (110kB)

Abstract

Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas dan pelayanan yang baik kepada para pelanggan, sehingga akan muncul kepuasan dalam bentuk loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk farmasi pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia Cabang Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, sampel dalam penelitian ini 88 orang pelanggan yang membeli produk farmasi pada Perusahaan Perdagangan Indonesia Cabang Bengkulu. Teknik pengambilan sampel adalah teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil persamaan regresi yaitu Y = 13,225 + 0,318X1 + 0,385X2 + 3,881 artinya Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan Pada Perusahaan Perdagangan Indonesia Cabang Bengkulu. Hasil uji determinasi sebesar 0,396 artinya kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelangganpegawai Pada Perusahaan Perdagangan Indonesia Cabang Bengkulu sebesar 39,6%, sedangkan sisanya 60,4% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan Pada Perusahaan Perdagangan Indonesia Cabang Bengkulu dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kecil dari 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Pada Perusahaan Perdagangan Indonesia Cabang Bengkulu, karena nilai signifikansi sebesar 0,000 kecil dari 0,05. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Pada Perusahaan Perdagangan Indonesia Cabang Bengkulu, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kecil dari 0,05. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:44
Last Modified: 20 Sep 2024 02:44
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item View Item