EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN APLIKASI VIRTUALBOX DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMKN 3 KOTA BENGKULU

GITA TRI, ALANI (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN APLIKASI VIRTUALBOX DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMKN 3 KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
gita tri alani pkom.pdf

Download (189kB)

Abstract

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) SMKN 3 Kota Bengkulu sebagai salah satu bidang keahlian dalam melaksanakan proses kegiatan pembelajaran pada capaian pembelajaran installasi sistem operasi jaringan dirasa belum maksimal. Berdasarkan hasil pengamatan bahwa hasil belajar siswa masih belum rendah. Hal tersebut disebabkan antara lain guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, guru masih menggunakan buku teks penerbit tertentu, siswa kurang antusia dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang memperhatikan pembelajaran, belum dimanfaatkan aplikasi khusus dalam mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode demonstrasi menggunakan aplikasi virtualbox efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKJ2 di SMKN 3 Kota Bengkulu. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode quasi experiment. Hasil dari penelitian terhadap metode demonstrasi dengan menggunakan aplikasi virtualbox pada pembelajaran materi installasi sistem operasi jaringan berdasarkan instrumen penelitian diperoleh penilaian dalam kategori sangat baik. Terhadap efektivitas pembelajaran pada penerapan metode demonstrasi menggunakan aplikasi virtualbox sebesar 59% berdasarkan hasil perolehan penilain pre-test dan post-test yang dilakukan kepada siswa. Hasil uji-t terhadap penelitian diperoleh diperolah hasil thitung > ttabel. Dimana thitung 11,03 > ttabel 2,03 artinya terdapat perbedaan signifikan antara variabel X dan variabel Y terhadap penelitian yang dilakukan penerapan metode demonstrasi menggunakan aplikasi virtualbox. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan penerapan metode demonstrasi menggunakan aplikasi virtualbox efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran installasi sistem operasi jaringan siswa kelas XI TKJ 2 di SMKN 3 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Demonstrasi, Virtualbox, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:13
Last Modified: 20 Sep 2024 04:13
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item View Item