PENGARUH ULASAN PELANGGAN, PENILAIAN PELANGGAN, KUALITAS INFORMASI, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PASAR ONLINE SHOPEE PADA SISWA SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

NELA, OKTAVIANI (2024) PENGARUH ULASAN PELANGGAN, PENILAIAN PELANGGAN, KUALITAS INFORMASI, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PASAR ONLINE SHOPEE PADA SISWA SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
Nela Oktaviani-MFE.pdf

Download (129kB)

Abstract

Era digital telah mengubah paradigma konsumen, mengalihkan transaksi jual beli dari lingkup tradisional ke ranah online. Dalam konteks ini, Shopee telah menjadi salah satu platform e-commerce yang sangat populer di Indonesia, termasuk di Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ulasan pelanggan, penilaian pelanggan, kualitas informasi dan harga terhadap minat beli konsumen pada pasar online Shopee pada Siswa SMK Negeri 1 di Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian 100 orang siswa SMKN 1 Kota Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi menunjukkan Y = 1,737 + 0,236X1 + 0,236 X2 + 0,140X3+ 0,537X4 + e. Ulasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen pada pasar online Shopee pada Siswa SMK Negeri 1 di Kota Bengkulu dengan nilai signifikan sebesar 0,013 kecil dari 0,05. Penilaian pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen pada pasar online Shopee pada Siswa SMK Negeri 1 di Kota Bengkulu dengan nilai signifikan sebesar 0,039 lebih kecil dari 0,05. Kualitas informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen pada pasar online Shopee pada Siswa SMK Negeri 1 di Kota Bengkulu dengan nilai signifikan sebesar 0,010 lebih kecil dari 0,05. Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen pada pasar online Shopee pada Siswa SMK Negeri 1 di Kota Bengkulu dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menggambarkan bahwa harga produk yang lebih murah di pasar online Shopee menjadi pertimbangan bagi Siswa SMK Negeri 1 di Kota Bengkulu untuk berminat melakukan pembelian. Ulasan pelanggan, penilaian pelanggan, kualitas informasi dan harga berpengaruh secara signifikan dan bersama-sama terhadap minat beli konsumen pada pasar online Shopee pada Siswa SMK Negeri 1 di Kota Bengkulu dengan nilai signifikan sebesar 0,000 kecil dari 0,05. Kata Kunci: Ulasan Pelanggan, Penilaian Pelanggan, Kualitas Informasi Dan Harga, Minat Beli Konsumen Pada Pasar Online Shopee

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:38
Last Modified: 20 Sep 2024 06:38
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item