AHMAD FAIQ, AKBAR (2024) TEKNIK KOMUNIKASI BAND AQUAMARINE DALAM MENYAMPAIKAN PESAN SAAT PERFORMANCE DI ATAS PANGGUNG. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
Ahmad Faiq-MRY.pdf Download (83kB) |
Abstract
Berbagai cara orang dalam menyampaikan pesan atau berkomunikasi, ada yang secara langsung ataupun melalui media, baik verbal ataupun non verbal. Agar pesan yang ingin disampaikan diterima oleh orang lain, tentunya komunikator menggunakan teknik komunikasi. Ada enam teknik komunikasi yang diketahui dalam Ilmu Komunikasi yaitu Teknik Informatif, Teknik Persuasif, Teknik Koersif, Teknik Instruktif, Teknik Pervasif, dan Teknik Hubungan Manusiawi. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui teknik komunikasi yang digunakan oleh Band Aquamarine dalam menyampaikan pesan saat Performance diatas panggung. Namun teknik yang penulis ambil hanya terbatas pada tiga teknik komunikasi saja yaitu Teknik Informatif, Teknik Persuasif dan Teknik Hubungan Manusiawi. Menggunakan metode Deskrptif kualitatif penulis berhasil meneliti bahwa Band Aquamarine memang menggunakan tiga teknik komunikasi yang sesuai dengan penulis teliti yaitu teknik Infomatif, teknik Persuasif dan teknik Hubungan Manusiawi. Ini terbukti dari hasil wawancara penulis dengan para informan yang terdiri dari informan inti yaitu Vokalis Band Aquamarine dan informan pokok yaitu para penggemar Band Aquamarine itu sendiri yang menyatakan bahwa setiap kali Band Aquamarine tampil selalu berinteraksi dengan penonton seperti menyapa penonton, melambaikan tangan, mengajak penonton ikut bernyanyi. Tak jarang setelah usai penampilan selalu ada yang minta berfoto bersama. Kata Kunci : Teknik Komunikasi, Pesan, Panggung, Band, Musik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | User 4 |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 01:47 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 01:47 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1522 |
Actions (login required)
View Item |