IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN VIDEOGRAFI DI SMKN 01 KOTA BENGKULU

ANDHIKA, PRATAMA (2024) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN VIDEOGRAFI DI SMKN 01 KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
ANDHIKA PRATAMA.PDF UNTUK PRODI.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model project based learning khusus materi Videografi di kelas XI DKV 3 SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Subjek dari penelitian ini ialah guru Videografi yang mengajar di kelas XI DKV 3 SMK Negeri 1 Kota Bengkulu dan siswa kelas XI DKV 3. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil observasi, hasil wawancara bersama guru tentang proses pelaksanaan pembelajaran dengan model project based learning, hasil dokumentasi dan hasil proyek siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penggunaan model project based learning pada mata pelajaran videografi di kelas XI DKV 3 SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, berdasarkan langkah pembelajaran project based learning yang pertama yaitu pertanyaan esensial dan penentuan proyek sudah terlaksana cukup baik, langkah kedua mendesain perencanaan proyek yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan siswa terlaksana dengan baik, langkah ketiga menyusun jadwal pembuatan dan pengumpulan proyek terlaksana dengan baik, langkah keempat guru memonitoring siswa dan kemajuan proyek juga telah terlaksana namun kurang baik, langkah kelima menguji hasil atau penyampaian hasil proyek terlaksana cukup baik, dan langkah keenam mengevaluasi pengalaman belajar terlaksana namun kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi penggunaan model project based learning pada mata pelajaran videografi di SMK N 1 Kota Bengkulu telah terlaksana sesuai langkah pembelajaran project based learning dan alur tujuan pembeajaran (ATP) yang telah dirancang oleh guru. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer
Depositing User: User 4
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:12
Last Modified: 21 Sep 2024 02:12
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item