BIMA DWI, CAHYA (2024) PENERAPAN METODE CUSTOMER SATISFICATION INDEKS (CSI) DALAM PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD HASANUDDIN DAMRAH MANNA. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
Bima Dwi Cahya-MFE.pdf Download (85kB) |
Abstract
RSUD Hasanuddin Damrah Manna merupakan salah satu Rumah Sakit Umum Daerah yang terdapat di Provinsi Bengkulu. Selama ini di RSUD Hasanuddin Damrah Manna sudah mempunyai suatu sistem evaluasi pelayanan kesehatan berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan pasien, namun sistem evaluasi tersebut masih bersifat manual dimana pihak rumah sakit melakukan penyebaran kuisioner kepada setiap pasien untuk memberikan penilaian kepuasan pelayanan yang diberikan oleh RSUD Hasanuddin Damrah Manna Penerapan Metode Customer Satisfication Indeks (CSI) dalam pengukuran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Hasanuddin Damrah Manna dapat membantu pihak rumah sakit dalam mengelola hasil penilaian kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan pada RSUD Hasanuddin Damrah Manna serta dapat memberikan informasi hasil pengukuran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan pada RSUD Hasanuddin Damrah Manna sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Aplikasi penerapan Metode Customer Satisfication Indeks (CSI) dalam pengukuran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Hasanuddin Damrah Manna dapat diakses secara online melalui link url https://kepuasanrsudhasanuddindamrahmanna.my.id Berdasarkan hasil demo program yang telah dilakukan, 10 responden berhasil memberikan penilaian pada aplikasi secara online melalui kode responden yang telah diperoleh dari RSUD Hasanuddin Damrah Manna dan juga operator dapat melihat output dari hasil penilaian kepuasan yang akan diberikan ke Kepala Rumah Sakit untuk dievaluasi. Dari hasil penilaian yang telah diberikan oleh 10 responden tersebut, diperoleh hasil bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah Manna yaitu Sangat Puas dengan nilai CSI (Customer Satifaction Index) 80,85%. Kata Kunci : Metode Customer Satisfication Indeks (CSI), Tingkat Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | User 4 |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 07:16 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 07:16 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1554 |
Actions (login required)
View Item |