POLA SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN AGROINDUSTRI KOPI BUBUK CAP KOPI DUSUN DI KABUPATEN SELUMA (Channel Patterns And Margins Of Agroindustry Coffee Powder Cap Coffee In Dusundi Seluma District)

PRAYUDHA AERLANGGA, PUTRA (2024) POLA SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN AGROINDUSTRI KOPI BUBUK CAP KOPI DUSUN DI KABUPATEN SELUMA (Channel Patterns And Margins Of Agroindustry Coffee Powder Cap Coffee In Dusundi Seluma District). Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
PRAYUDHA AERLANGGA PUTRA Pertanian (2).pdf

Download (127kB)

Abstract

Dalam banyak kenyataan, bahwa kelemahan sistem agroindustri kopi bubuk cap kopi dusun di Kabupaten Seluma adalah masih kurangnya perhatian dalam pemasaran. Pemasaran yang efisien sangat dibutuhkan agar agroindustri dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola saluran pemasaran Produk Kopi Dusun dan menganalisis marjin pemasaran Produk Kopi Dusun di Kabupaten Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis pola saluran pemasaran dan analisis marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola saluran pemasaran produk kopi dusun di Kabupaten Seluma ada 5 (pola) yaitu: (1) Dari agroindustri ke distributor ke Pedagang Pengecer dan ke konsumen. (2) Dari agroindustri ke distributor ke konsumen. (3) Dari agroindustri ke distributor dan konsumen langsung datang ke distributor. (4) Pedagang pengecer langsung datang ke agroindustri dan menjual ke konsumen. (5) konsumen langsung datang ke agroindustri. Marjin pemasaran produk kopi dusun pada pola saluran pemasaran I (satu) untuk produk kopi dusun ukuran (50gr) yaitu Rp 3.000, ukuran (100gr) juga Rp 3.000 dan untuk ukuran (200gr) dengan marjin Rp 4.000. Marjin pemasaran kopi dusun pada pola saluran pemasaran II (dua) ukuran (50gr) yaitu Rp 2.000, ukuran (100gr) juga Rp 2.000 dan untuk ukuran (200gr) dengan marjin Rp 2.000. Marjin pemasaran kopi dusun pada pola saluran pemasaran III (tiga) untuk produk kopi dusun ukuran (50gr) yaitu Rp 1.000, ukuran (100gr) juga Rp 1.000 dan untuk ukuran (200gr) dengan marjin Rp 1.000. Marjin pemasaran kopi dusun pada polasaluran pemasaran IV (empat) untuk produk kopi dusun ukuran (50gr) yaitu Rp 3.000, ukuran (100gr) juga Rp 3.000 dan untuk ukuran (200gr) dengan marjin Rp 4.000. Marjin pemasaran kopi dusun pada polasaluran pemasaran V (lima) untuk produk kopi dusun ukuran (50gr) yaitu Rp 0.000, ukuran (100gr) juga Rp 0.000 dan untuk ukuran (200gr) dengan marjin Rp 0.000. Kata Kunci: Agroindustri, pola saluran pemasaran, kopi dusun, marjin pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:50
Last Modified: 26 Sep 2024 01:50
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item