WENY, LISTIANA (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SELADA HIDROPONIK PADA GEMBE FARM DI KANDANG MAS KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
WENY LISTIANA Pertanian. (1).pdf Download (102kB) |
Abstract
Salah satu perkebunan yang menerapkan sistem pertanian hidroponik, yaitu Gembe Farm yang terletak di Kandang Mas, Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Dalam memasarkan produknya Gembe Farm memanfaatkan teknologi daring dengan komoditas sayuran unggulan yaitu selada hidroponik yang menempati posisi utama penjualan. Mengetahui perumuskan strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan pada pemasaran Gembe Farm. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis SWOT, dimana data didapatkan memalui metode observasi, wawancara, dan pengisian kuesioner oleh ke 29 responden. Hasil penelitian Faktor internal yang menjadi kekuatan utama pada strategi pemasaran Gembe Farm ialah kualitas selada yang baik dan selalu fresh, sedangkan faktor kelemahan yang tingginya ialah harga jual selada. Faktor eksternal yang menjadi peluang utama ialah keadaan jalan yang bagus, aman dan mudah diakses pengunjung, serta ancaman utama adalah factor iklim dan cuaca. Strategi Agresif yang dapat diterapkan pada Gembe Farm menurut strategi S-O sebagai berikut: Memperluas jangkauan distribusi pemasaran, Meningkatkan aktivitas di sosial media. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Gembe Farm
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | Jeffry Adi Nugraha |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:01 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:01 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1632 |
Actions (login required)
View Item |