HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI LANJUTAN (BOOSTER) PADA BADUTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TUNGKAL KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2019

TITIN SUMARNI, TITIN (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI LANJUTAN (BOOSTER) PADA BADUTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TUNGKAL KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU.

[img] Text
TITIN SUMARNI.pdf

Download (404kB)

Abstract

Data yang terbaru menyebutkan bahwa 1,4 juta anak meninggal karena mereka tidak di vaksin. Hampir ¼ dari 130 juta bayi yang lahir tiap tahun tidak di imunisasi agar terhindar dari penyakit anak yang umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu terhadap pemberian imunisasi lanjutan booster. Metode penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional, yakni suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi atau hubungan, data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner pada 52 ibu yang memiliki baduta di Wilayah kerja Puskesmas Tungkal Kabupaten Bengkulu Selatan. Hasil analisis uji univariat bahwa hampir sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup (48,1%) pada ibu yang memiliki baduta, hampir seluruh responden memiliki sikap yang unfavorabel (59,6%) dan ada hubungan pengetahuan ibu terhadap pemberian imunisasi lanjutan dengan p=0,043 dan tidak ada hubungan sikap ibu terhadap pemberian imunisasi lanjutan dengan p=0,258 Peneliti menyarankan kepada pihak Puskesmas Tungkal untuk meningkatkan komunikasi, informasi, dan edukasi tentang pentingnya pemberian imunisasi lanjutan (booster). Kata kunci : Pengetahuan, sikap dan pemberian imunisasi lanjutan Keterangan : 1. Calon Sarjana Keperawatan 2. Pembimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kesehatan > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:27
Last Modified: 07 Jan 2022 03:27
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item