ELTO, MIKO ALVARUQ (2025) Analisis pemasaran Cabai Merah (Capsicum Annum L) di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.
![]() |
Text
Elto Miko Alvaruq_DHU.pdf Download (170kB) |
Abstract
Cabai merah (Capsicum Annum L) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang memiliki nilai ekonomis tinggi, teknik budidaya yang baik dan tepat sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil produksi yang berkualitas tinggi. Tingginya marjin pemasaran cabai merah di sebabkan oleh perbedaan harga yang cukup besar antara harga yang yang di bayarkan oleh konsumen dengan harga yang diterima petani. selain itu banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat langsung dalam proses distribusi pemasaran, maka semakin banyaknya pula biaya-biaya pemasaran dan keuntungan yang diambil oleh pemasaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui saluran/mata rantai pemasaran cabai merah di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah, (2) Untuk mengetahui margin pemasaran cabai merah di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang dginukan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran cabai merah (Capsicum Annum L) di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah yakni: (1) Petani - Pedagang Pengumpul - Pedagang Pengecer – Konsumen, (2) Petani - Pedagang Pengecer – Konsumen (3) Petani – Konsumen. Margin pedagang pengumpul Rp3.000,-, sementara margin pedagang pengecer yang membeli ke pengepul yakni Rp2.000,-, sementara yang membeli langsung ke petani adalah Rp5.000,-. Kata kunci : Cabai Merah, Saluran, Pemasaran, Kecamatan Talang Empat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:48 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:48 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |