TIARA, PRAMUNI SUCI (2025) PENERAPAN E-COMMERCE PADA TOKO MEGA KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE CRM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.
![]() |
Text
SKRIPSI TIARA PRAMUNI SUCI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi bisnis konvensional menuju sistem digital, salah satunya melalui penerapan e-commerce. Toko Mega Komputer sebagai salah satu penyedia produk komputer menghadapi tantangan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan efektivitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem e-commerce yang terintegrasi dengan metode Customer Relationship Management (CRM) guna meningkatkan kualitas layanan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan implementasi sistem CRM dalam platform e-commerce toko Mega Komputer. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-commerce berbasis CRM mampu meningkatkan interaksi dan kepuasan pelanggan melalui pengelolaan data pelanggan yang lebih efektif, personalisasi layanan, serta komunikasi yang lebih intensif. Selain itu, sistem ini membantu toko dalam melakukan segmentasi pelanggan dan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Dengan demikian, penerapan e-commerce menggunakan metode CRM berkontribusi signifikan terhadap peningkatan performa bisnis Toko Mega Komputer di era digital. ________________________________________ Kata Kunci : Php Mysql, CRM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 04:41 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 04:41 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |