PERSONAL BRANDING DILLA JAIDI SEBAGAI BEAUTY CONTENT CREATOR MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Analisis pada Akun TikTok @dillajaidi)

Indah, Prasepta Hati (2025) PERSONAL BRANDING DILLA JAIDI SEBAGAI BEAUTY CONTENT CREATOR MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Analisis pada Akun TikTok @dillajaidi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
SKRIPSI INDAH PRASEPTA HATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih telah melahirkan media sosial. Salah satu aplikasi media sosial yang sedang tren digunakan masyarakat Indonesia belakangan ini adalah TikTok. Kehadiran media sosial TikTok dimanfaatkan untuk kegiatan individu bersaing dalam hal memperkenalkan atau khalayak mengenalnya dengan sebutan personal branding. Salah satu content creator yang telah memanfaatkan kehadiran media sosial TikTok untuk kegiatan personal branding adalah Dilla Jaidi. Dilla Jaidi dikenal sebagai pembuat konten kecantikan di TikTok yang memiliki spesialisasi dalam bidang make-up dan skincare. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan personal branding yang dilakukan oleh Dilla Jaidi melalui media sosial TikTok @dillajaidi. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan menggunakan aspek personal branding milik Peter Montoya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa bentuk personal branding Dilla Jaidi melalui media sosial TikTok @dillajaidi, dirinya lebih mengedepankan bagaimana ia terlihat sebagai beauty content creator. Sesuai dengan delapan konsep dari teori personal branding oleh Peter Montoya, media sosial TikTok @dillajaidi menunjukkan Dilla Jaidi ahli sebagai beauty content creator, sering juga memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan audience. Dilla Jaidi menampilkan sosok yang ceria, hangat dan juga mentor kecantikan yang multi talenta. Konten kecantikan sebagai ciri khas Dilla Jaidi tidak dimiliki oleh beauty content creator lainnya. Dilla Jaidi secara konsisten mengunggah konten tips dan trik make-up maupun skincare. Konten yang dibagikan Dilla Jaidi di media sosial TikTok-nya telah relevan dengan kesehariannya. Akun TikTok @dillajaidi dalam memproduksi konten selalu membawa pengaruh positif kepada audience. Kata kunci: Personal Branding, TikTok, beauty content creator, Dilla Jaidi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:14
Last Modified: 03 Sep 2025 07:14
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item