STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN PT. ENSEVAL PUTRA MEGATRADING, TBK BENGKULU

Reski, Herdiansyah (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN PT. ENSEVAL PUTRA MEGATRADING, TBK BENGKULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
SKRIPSI RESKI HERDIANSYAH 21100042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi komunikasi pimpinan merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan meningkatkan motivasi karyawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pimpinan dalam menyampaikan informasi dan membangun hubungan interpersonal yang sehat di lingkungan kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pimpinan PT. Enseval Putra Megatrading, Tbk Bengkulu dalam memotivasi karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang diterapkan oleh pimpinan perusahaan dalam mendorong semangat dan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pimpinan, sekretaris, kepala gudang, dan staf karyawan. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengacu pada teori komunikasi Harold D. Lasswell, yang menganalisis proses komunikasi melalui lima unsur utama: Who (siapa komunikatornya), Says What (apa pesannya), In Which Channel (saluran komunikasi), To Whom (siapa komunikan), dan With What Effect (efek komunikasi yang dihasilkan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pimpinan PT. Enseval Bengkulu menerapkan lima strategi komunikasi, yaitu keterbukaan informasi, komunikasi dua arah, pendekatan personal, penghargaan, serta penyampaian visi dan misi secara inspiratif. Strategi ini terbukti meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kinerja karyawan. Komunikasi pimpinan yang strategis berkontribusi positif terhadap semangat kerja dan produktivitas. Saran dari penelitian ini adalah agar pimpinan terus mengembangkan komunikasi yang lebih adaptif, responsif, dan partisipatif, serta memanfaatkan teknologi komunikasi secara optimal guna menjangkau seluruh karyawan secara merata. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Pimpinan, Motivasi Kerja, Harold Lasswell, Komunikasi Organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:29
Last Modified: 03 Sep 2025 07:29
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item View Item