Maria, Ulfah Oktavia, (2025) KOMUNIKASI PERSUASIF AKUN TIKTOK @byrafikawu UNTUK MENARIK KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.
![]() |
Text
Skripsiii donee.new.pdf Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada kehidupan manusia. Salah satunya berbasis media sosial seperti TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif pada akun TikTok @byrafikawu untuk menarik konsumen. TikTok dapat mempengaruhi konsumen dengan cara melakukan komunikasi persuasif, dengan menggunakan teori elaboration likelihood theory yaitu jalur sentral dan jalur periferal berupa pesan verbal maupun non verbal, isi pesan, elemen visual atau ke estetika, emosional individu, dan pada akhirnya individu tersebut mengubah pikirannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan secara objektif, mendalam dari hasil yang diperoleh di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan data observasi, wawancara kepada sejumlah informan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh akun @byrafikawu dalam menarik konsumen menggunakan komunikasi persuasif yang pertama pada jalur sentral yaitu menyampaikan informasi dengan detil dan sesuai dengan kualitas produk atau barang, melakukan riset terlebih dahulu terhadap konsumen dan pada jalur periferal akun @byrafikawu menggunakan elemen visual, estetik, penampilan host, kestetikan konten, terdapat gaya humor atau komedi, terdapat influencer untuk mempromosikan barang @byrafikawu sehingga dapat menarik konsumen. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Media Sosial TikTok, Teori Elaboration Likelihood, Akun @byrafikawu, Baju Dress Premium dan Kosmestik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 01:39 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 01:39 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |