MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

C I C I H, C I C I H (2025) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
SKRIPSI CICIH ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan permainan tradisional bakiak dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak usia 5-6 tahun berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil perkembangan kognitif anak melalui penerapan metode montessori pada kelompok B di Satuan PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang, pada siklus I sebesar 74,16% (BSH) dan pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 89% (BSB). Simpulan dengan permainan tradisional bakiak dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Gemilang Kabupaten Kepahiang. Terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase sebesar 89% (BSB). Kata kunci: Perkembanagan Sosial Emosional, Permainan Tradisional Bakiak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: User 1
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:04
Last Modified: 04 Sep 2025 02:04
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item