PENINGKATKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN GOTRI (PTK di PAUD Gentaralia Desa Talang kemang Kabupaten Seluma)

TIARA, SELI GISTINA (2025) PENINGKATKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN GOTRI (PTK di PAUD Gentaralia Desa Talang kemang Kabupaten Seluma). Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
SKRIPSI TIARA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui permainan gotri dapat meningkatkan perkembangan kecerdasan interpersonal pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Gentaralia, Desa Talang Kemang, Kabupaten Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas dengan prosedur berbentuk siklus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan model Jhon Elliot, di mana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I capaian perkembangan kecerdasan interpersonal anak sebesar 64,44% dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Kemudian, pada siklus II terjadi peningkatan capaian menjadi 92% dengan kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan melalui permainan gotri berhasil meningkatkan seluruh indikator kecerdasan interpersonal anak secara signifikan. Kata kunci: Perkembangan Kecerdasan Interpersonal, Permainan Gotri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: User 1
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:33
Last Modified: 04 Sep 2025 02:33
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item