MENINGKATKAN KEMAMPUAN RASA TANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI KEGIATAN GOTONG ROYONG DI SEKOLAH ( PTK Di PAUD Oryza Sativa Kabupaten Kepahiang)

Domi, Domi (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN RASA TANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI KEGIATAN GOTONG ROYONG DI SEKOLAH ( PTK Di PAUD Oryza Sativa Kabupaten Kepahiang). Skripsi thesis, Universittas Dehasen.

[img] Text
DOMI perbaikan ujian skripsi (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan rasa tanggung jawab pada anak melalui kegiatan gotong royong di PAUD Oryza Sativa Kabupaten kepahiang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga Classroom action research dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di PAUD Oryza Sativa kabupaten Kepahiang yang berjumlah 20 orang anak. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitaif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase. Hasil peningkatan kemampuan rasa tanggung jawab pada anak dengan menggunakan kegiatan gotong royong di PAUD Oryza Sativa kabupaten Kepahiang pada siklus I dengan presentase 30,62%, di siklus ke II dengan presentase 56,25%, dan siklus III dengan presentase 80,93%. Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan kegiatan gotong royong dapat meningkatkan kemampuan rasa tanggung jawab pada anak di PAUD Oryza Sativa, terbukti pada siklus III terjadi peningkatan dengan hasil presentase pencapaian sebesar 80,93% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata Kunci: Kemampuan rasa tanggung jawab, gotong royong

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: User 1
Date Deposited: 11 Oct 2025 01:34
Last Modified: 11 Oct 2025 01:34
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item