Rindi, Marantika (2025) PENINGKATA KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA HURUF PADA ANAK ( PTK Di PAUD Aisyah Pondok Kelapa). Skripsi thesis, Universitas Dehasen.
![]() |
Text
Rindi Marantika_ED.pdf Download (83kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf pada melalui permainan ular tangga huruf di PAUD Aisyah Pondok Kelapa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga Classroom action research dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di PAUD Aisyah yang berjumlah 14 orang anak. Penelitian dilaksanakan dua siklus dua pertemuan. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitaif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase. Hasil peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak melalui permainan ular tangga huruf di PAUD Aisyah pada siklus I pertemuan ke I dengan presentase 32,58%, di siklus ke I pertemuan ke II dengan presentase 41,07%, siklus ke II pertemuan ke I dengan presentase 59,82% dan siklus II pertemuan ke II dengan presentase 81,73%. Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan permainan ular tangga huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di PAUD Aisyah Pondok Kelapa, terbukti pada siklus II pertemuan Ke II terjadi peningkatan dengan hasil presentase pencapaian sebesar 81,73% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Huruf, Permainan Ular Tangga Huruf
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 04:01 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 04:01 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |