HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PRIMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS LINGKAR BARAT KOTA BENGKULU TAHUN 2021

HELLEN FITRI EDWINAH, Hellen (2021) HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PRIMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS LINGKAR BARAT KOTA BENGKULU TAHUN 2021. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
Hellen Fitri Edwinah.pdf

Download (321kB)

Abstract

Kepuasan pasien dalam menilaimutu atau pelayanan yang baik, dan merupakan pengukuran penting yang mendasar bagi penilaian suatu pelayanan prima..Berdasarkan data kunjungan pasien rawat jalan adanyadata penurunan jumlah pasien selama 5bulan terakhir yaitu bulan Agustus –Desember 2020 dari 5140 menjadi 3230 pasien, hal ini menimbulkan pradugabahwa pelayanan prima yang diberikan puskesmas belum memenuhi kepuasan pasien yaitu sebesar 9,55% dari standar Kemenkes sebesar =80%. Sedangkan angka pencapaian kepuasan pasien di Puskesmas Lingkar Barat yang telah terpenuhi sebesar 70,45%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungankepuasan pasien terhdap pelayanan prima (service excellent)pada masa pandemic Covod-19 di Puskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 100 responden pasien rawat jalan diPuskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampelsecara non-probability sampling dengan metode accidental sampling.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi-square menggunakan Program SPSSversi 16. Hasil penelitian ini adalah responden yang menilai kepuasan pasien sebagian besar responden puassebanyak 64 orang (64 %)dan Pelayanan Prima (Service Excellent) yaitu sebagian besar responden menilai pelayanan prima sebanyak 68 orang (68 %)di Puskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu Tahun 2021. Berdasarkan uji Chi-Square di dapatkan nilai sig0,004 yang artinya nilai sig lebih kecil dari 0,05 (0,004 <0,05) menunjukkanterdapat hubungan kepuasan pasienterhadappelayanan prima (service excellent)pada masa pandemi Covod-19 di Puskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu Tahun 2021. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah sebaiknya pihak puskesmas dapat memberikan pelatihan guna meningkatkankualitas SDM petugas puskesmas, serta melakukan survei kepuasan pasien, sertameningkatkan pelayanan yang dirasa kurang. kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Prima Keterangan : 1. Calon Sarjana Kesehatan Masyarakat 2. Pembimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan > Program Studi Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 01 Jun 2022 05:29
Last Modified: 01 Jun 2022 05:29
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item