ERLAN NOVI JAYANTO, ERLAN (2020) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI SISWA BERPRESTASIDI SD NEGERI 103 KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU.
Text
ERLAN NOVI JAYANTO SI.docx Download (52kB) |
Abstract
Datamining adalahproses yang menggunakanteknikstatistik,matematika,kecerdasanbuatan, danmachine learninguntukmengekstraksidanmengidentifikasiinformasiyangbermanfaatdanpengetahuanyang terkaitdariberbagai databasebesar.Istilahdata miningmemilikihakikatsebagaidisiplinilmuyang tujuanutamanyaadalahuntukmenemukan, menggali, ataumenambahpengetahuandaridataatauinformasiyangkitamiliki. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanamembuatdan merancang sebuah aplikasi untukmemprediksikaryawan yang cendrungatauberpotensidropout di SDN 103 City BengkuluNusantara dengan mengaplikasikanmetode K-Means. Tujuan yang ingindicapaiolehpenulisadalahmenghasilkanprediksipotensialterhadapkaryawan yang cendrungdrop outdan agar karyawanmampumentaatiperaturan yang adadenganmenggunakanTeknikData Mining.Penelitianinidilaksanakan di SDN 103 City BengkuluNusantara Jl. SoekarnoHatta no. 20 Kel.AnggutAtas Bengkulu Telp :( 031) 5031383, danpenelitianinimembutuhkanwaktu ± 1 bulandalammenyelesaikanpenelitianini. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode K-means yang merupakan metode data mining yang melakukan proses pemodelantanpasupervisi(unsupervised)danmerupakansalahsatumetode yang melakukanpengelompokan data dengansistempartisi. MetodeK-Meansberusahamengelompokkan data yang adakedalambeberapakelompok, dimana data dalamsatukelompokmempunyaikarakteristik yang samasatusamalainnyadanmempunyaikarakteristik yang berbedadengan data yang adadidalamkelompok yang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Jeffry Adi Nugraha |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 07:50 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 07:50 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/630 |
Actions (login required)
View Item |