Analisis Kesediaan Membayar (Willing to Pay) dan Loyalitas Konsumen terhadap Produk Lempuk Durian Makanan Khas Bengkulu di Kota Bengkulu

FAHMI, RIDO (2022) Analisis Kesediaan Membayar (Willing to Pay) dan Loyalitas Konsumen terhadap Produk Lempuk Durian Makanan Khas Bengkulu di Kota Bengkulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
RIDO FAHMI.pdf

Download (251kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Nama Npm : : : Analisis Kesediaan Membayar (Willing to Pay) dan Loyalitas Konsumen terhadap Produk Lempuk Durian Makanan Khas Bengkulu di Kota Bengkulu Rido Fahmi 18060016 Bengkulu memiliki primadona dalam sektor perkebunan, hasil perkebunan cukup berlimpah. Salah satunya durian merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat indonesia dan dapat dijadikan beberapa makanan khas salah satunya lempuk durian. Lempuk merupakan suatu jenis makanan tradisional yang diperoleh dari hasil pengolahan durian seperti halnya pembuatan dodol. Lempuk durian merupakan makanan khas Kota Bengkulu, sehingga banyak digunakan sebagai oleh-oleh baik itu dari masyarakat Kota Bengkulu sendiri maupun masyarakat yang berkunjung ke Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesediaan membayar (willing to pay) dan loyalitas konsumen terhadap produk lempuk durian makanan khas bengkulu di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis WTP dengan menggunakan alat bantu software Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 24 dan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kesediaan membayar (Willing To Pay) terhadap produk lempuk durian makanan khas Bengkulu di Kota Bengkulu. WTP paling rendah yaitu sebesar Rp 300.000 sebanyak 1 orang dan nilai WTP paling tinggi yaitu Rp100.000 sebanyak 55 orang, dengan jumlah seluruh responden yang bersedia membayar sebanyak 73 responden. Kurva tersebut menunjukkan kesediaan responden yang bervariasi dalam membayar lebih atau memberikan nilai maksimal terhadap profuk lempuk durian. Loyalitas konsumen terhadap produk lempuk durian makanan khas Bengkulu, dalam kategori tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari 55,2 % dari total 96 responden memiliki sakala tinggi sedangkan 44,8 % diantaranya memiliki skala sangat tinggi. Kata Kunci : kesediaan membayar, loyalitas, lempuk durian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:56
Last Modified: 18 Jan 2023 01:56
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item