PENGARUH E-WALLET DAN E-MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KOTA BENGKULU

MUJI LESTARI, MUJI (2022) PENGARUH E-WALLET DAN E-MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU.

[img] Text
MUJI LESTARI.pdf

Download (32kB)

Abstract

PENGARUH E-WALLET DAN E-MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KOTA BENGKULU Oleh Muji Lestari1 Ahmad Soleh2 dan Suswati Nasution2 RINGKASAN Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan yang terjadi di sekitar kita. Salah satunya pada pola pembayaran dalam transaksi ekonomi. Uang sebagai alat pembayaran telah berevolusi, mulai dari berbentuk logam, kertas, hingga kini berkembang menjadi bentuk yang lebih praktis yaitu uang elektronik. Hal ini berpengaruh terhadap perilaku konsumtif masyarakat yang dialami dalam penggunaa dompet elektronik, seperti e-wallet dan e-money. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh E-Wallet dan E-Money terhadap perilaku konsumtif masyarakat Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah kuesioner. Sampel dari penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regresi linier berganda didapat Y = 29,600 + 0,197 (X1) + 0,202 (X2) + 3,394, artinya terjadi hubungan positif atau searah antara E-Wallet (X1), dan E-Money (X2) terhadap perilaku konsumtif masyarakat kota Bengkulu. Hasil uji e-wallet (X1) menunjukan thitung 4,019 > ttabel 1.984 dan sigfinikasi 0,000 < 0,05, maka hasil dari hipotesa Ha diterima dan Ho ditolak, berarti e-wallet berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif masyarakat kota Bengkulu. Hasil uji e-money (X2) menunjukan thitung 3,186 > ttabel 1.984 dan sigfinikasi 0,000 < 0,05, maka hasil dari hipotesa Ha diterima dan Ho ditolak, berarti e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif masyarakat kota Bengkulu. Selanjutnya hasil nilai ftabel yaitu 11,784 > 2.70 maka disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya ada pengaruh simultan antara e-wallet (X1) dan e-money (X2) terhadap variabel perilaku konsumtif (Y) masyarakat kota Bengkulu. Hal ini terlihat pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: Perilaku konsumtif, e-wallet, e-money 1. Calon Sarjana Ekonomi (Manajemen) 2. Dosen Pembimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 4
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:41
Last Modified: 17 Jan 2023 01:41
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item