INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN KANTOR DESA SENGKUANG KECAMATAN SELUMA SELATAN KABUPATEN SELUMA

TRIANSYAH PUTRA, RAMA (2022) INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN KANTOR DESA SENGKUANG KECAMATAN SELUMA SELATAN KABUPATEN SELUMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
RAMA TRIANSYAH PUTRA .pdf

Download (136kB)

Abstract

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN KANTOR DESA SENGKUANG KECAMATAN SELUMA SELATAN KABUPATEN SELUMA Oleh Rama Triansyah Putra1 Suswati Nasution2 dan Iswidana Utama Putra3 RINGKASAN Masyarakat membutuhkan pelayanan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi sendiri. Demikian juga pada Kantor Desa Sengkuang Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma mempunyai peranan penting untuk menyediakan layanan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Kantor Desa Sengkuang Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma dengan Permenpan No. 14 Tahun 2017 terhadap 9 unsur. Metode penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif, dengan teknik accidental sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 110 orang responden dalam bentuk Nilai IKM di hitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing- masing unsur pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan di Kantor Desa Sengkuang Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma pada Persyaratan menunjukkan unsur nilai konversi IKM sebesar 93.75, dengan kategori Sangat Baik, Sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan dengan unsur nilai konversi IKM sebesar 76.00, dengan kategori Kurang Baik, Waktu penyelesaian dengan unsur nilai konversi IKM sebesar 76.25, dengan kategori Kurang Baik, Biaya/ tarif dengan unsur nilai konversi IKM sebesar 96.00, dengan kategori Sangat Baik, Produk spesifikasi jenis pelayanan pada unsur nilai konversi IKM sebesar 93.75, dengan kategori Sangat Baik, Kompetensi pelaksana dengan unsur nilai konversi IKM sebesar 94.00, dengan kategori Sangat Baik, Perilaku pelaksana dengan hasil nilai konversi IKM sebesar 88.00 dengan kategori Baik, Penanganan pengaduan saran dan masukan menunjukkan nilai konversi IKM sebesar 94.00 dengan kategori Sangat Baik, dan Sarana menunjukkan nilai konversi IKM sebesar 93.25 dengan kategori Sangat Baik. Maka, IKM di Kantor Desa Sengkuang Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma adalah 80.50 dengan mutu pelayanan B dan penilaian pelayanan adalah baik, karena berada pada interval nilai 76,61 - 88,30. Kata Kunci: Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat 1. Calon Sarjana Ekonomi (Manajemen) 2. Dosen Pembimbing vi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:42
Last Modified: 18 Jan 2023 03:42
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item