PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH SUKA NEGERI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

RAHMAN, JUNAIDI (2022) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH SUKA NEGERI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
JUNAIDI RAHMAN.pdf

Download (211kB)

Abstract

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH SUKA NEGERI KABUPATEN BENGKULU SELATAN Oleh: Junaidi Rahman1) Oni Yulianti dan Nia Indriasari 2) RINGKASAN Kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama dalam kehidupan berorganisasi yang memegang peranan kunci. Karena kepemimpinan seorang pemimpin berperan sebagai pengatur dalam proses kerjasama antara pemimpin dengan individu maupun pemimpin dengan kelompoknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Suka Negeri Kabupaten Bengkulu Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang guru yang mengajar di Madrasah Aliyah Suka Negeri Kabupaten Bengkulu Selatan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linier sederhana yaitu Y = 16,211 + 0,624X dengan arah regresi yang positif, artinya apabila gaya kepemimpinan Kepala Sekolah meningkat maka kinerja guru pada Madrasah Aliyah Suka Negeri Kabupaten Bengkulu Selatan juga akan meningkat. Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Suka Negeri Kabupaten Bengkulu Selatan, karena nilai signifikan sebesar 0,001 kecil dari 0,05. Artinya semakin meningkat gaya kepemimpinan Kepala Sekolah pada Madrasah Aliyah Suka Negeri Kabupaten Bengkulu Selatan maka kinerja guru juga akan meningkat. Nilai koefesien determinasi dari R square yaitu sebesar 0,352. Hal ini berarti bahwa gaya kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 35,2 % sedangkan sisanya (100-35,2%= 64,8%) dipengaruhi oleh faktor-faktor penyebab lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru 1)Calon Sarjana Ekonomi (Manajemen) 2)Dosen Pembimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:43
Last Modified: 18 Jan 2023 03:43
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item