ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SELUMA

PRATAMA, MEIRIO (2022) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SELUMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
MEIRIO PRATAMA.pdf

Download (518kB)

Abstract

ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SELUMA Oleh Meirio Pratama1) Neri Susanti and Nenden Restu Hidayah2) RINGKASAN Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seluma. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu masyarakat Kabupaten Seluma. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah IKM Dalam Penelitian Ini Didasarkan KEPMENPAN Nomor 4 Tahun 2007 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Seluma sudah memenuhi ekspetasi pelanggan atau masyarakat dengan kata lain masyarakat puas terhadap layanan yang diberikan oleh pihak kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Seluma dengan kriteria “Sangat Baik (A)” yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata dari presepsi mastarakat sebesar 3,64 berada pada interval 3,5324 – 4,00. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 3, 64 berada pada interval 3,5324 – 4,00 dengan kriteria “Sangat Baik (A)”, begitu juga dengan niai IKM setelah dikonversikan sebesar 91 berada pada interval 88,31 – 100,00 dengan kriteria “Sangat Baik (A)”. Berdasarkan 9 indikator kualitas pelayanan nilai tertinggi ada pada indikator keempat, yaitu biaya/Tarif dengan nilai rata-rata 3,74 pada interval 3,5324 – 4,00 dengan kriteria “Sangat Baik (A)”. Berdasarkan 9 indikator kualitas pelayanan nilai terendah ada pada indikator keenam, yaitu kompetensi Pelaksana dengan nilai rata-rata 3,35 pada interval 3,0644 – 3,532 dengan kriteria “Baik (B)”. Keywords: Dukcapil, IKM, Kualitas Pelayanan Publik 1) Calon Sarjana Ekonomi (Manajemen) 2) Dosen Pembimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: User 1
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:11
Last Modified: 09 Feb 2023 02:11
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item