IMPLEMENTASI METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKAN DATA PENJUALAN PADA MINIMARKET REMAJA KAMPUS BENGKULU

ROKI, APRINSAL (2022) IMPLEMENTASI METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKAN DATA PENJUALAN PADA MINIMARKET REMAJA KAMPUS BENGKULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU.

[img] Text
ROKI APRINSA.pdf

Download (337kB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKAN DATA PENJUALAN PADA MINIMARKET REMAJA KAMPUS BENGKULU Oleh : Roki Aprinsa1 Siswanto, S. E, M.Kom2 Ila Yati Beti, S. Kom, M.Kom2 Minimarket Remaja Kampus merupakan salah satu jenis usaha di bidang penjualan keperluan sehari-hari. Untuk pengambilan keputusan dalam menentukan jumlah persediaan produk yang dapat disesuaikan dengan permintaan pasar Minimarket Remaja Kampus belum menggunakan sistem dan masih dihitung secara manual. Oleh karena dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengimplementasikan metode K-mean Clustering dalam pengelompokan data penjualan pada minimarket Remaja Kampus Bengkulu. Sehingga dengan mudah dapat menentukan dan mengklasifikasikan penjualan produk yang tinggi, sedang dan rendah. Implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall. Setelah dilakukan proses K-means pada Minimarket Remaja Kampus dengan uji data 15 data maka didapatkan 3 cluster barang yaitu cluster 1 sebagai cluster penjualan tinggi dengan 7 barang, cluster 2 dengan penjualan sedang sebanyak 4 barang dan 4 barang di cluster penjualan rendah. Berdasarkan hasil pengolahan 278 data penjualan barang bulan Desember 2021 di Minimarket Remaja Kampus dengan menggunakan Metode K-Means Clustering, maka didapatkan hasil pengelompokan tingkat penjualan produk di Minimarket Remaja Kampus Bengkulu sebanyak 3 cluster. Yaitu cluster 1 kelompok dengan tingkat penjualan produk tinggi dengan Jumlah 54 data produk, cluster 2 dengan tingkat penjualan produk sedang dengan 165 jenis produk dan cluster 3 dengan tingkat penjualan produk rendah dengan 51 jumlah produk. Berdasarkan cluster data, maka dapat dijadikan acuan oleh Minimarket Remaja Kampus untuk persediaan produk bulan berikutnya. Yang mana cluster produk yang memiliki tingkat penjualan tinggi memiliki jumlah pemesanan yang tinggi atau stabil seperti sebelumnya. Kemudian cluster produk dengan tingkat penjualan rendah, maka jumlah persediaan produk untuk berikutnya dikurangi agar tidak terjadi penumpukan produk di gudang dan mengalami kadarluarsa. Kata Kunci: Data Mining, Clustering K-Means, Minimarket Remaja Kampus 1: Peneliti 2: Pembimbing 1 dan Pembimbing 2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: User 4
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:55
Last Modified: 03 Feb 2023 02:55
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item