Clara Novita Sari, Clara (2023) IMPLEMENTASI MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ SMK N 1 KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.
Text
CLARA NOVITA SARI.pdf Download (996kB) |
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangiolehhasilbelajar yang kurangmaksimal, guru yang kuranginovatifsehinggapembelajaranterasamonontondanpadasaatpembelajaransiswakurangkonsentrasidalampembelajaran yang sedangberlangsung.Salah satusolusi yang dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahmenggunakan model meaningful instructional design.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiimplementasi model meaningful instructional design berbantuan multimedia terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajarankomputerdanjaringandasar.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanmetodedeskriptifkualitatifyaitupenelitiandenganmendeskripsikanataumenggambarkanpenelitiandenganmenggunakan kata-kata.Respondendalampenelitianinimerupakan guru matapelajarankomputerdanjaringandasardanpesertadidiksebanyak 36 pesertadidik di kelas X TKJ SMK N 1 Kota Bengkulu.Metodepengumpulan data menggunakanteknikobservasi, wawancaradandokumentasi.Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanterhadaphasilbelajarsiswa yang dilihatdarihasilwawancara guru dansiswa di kelas X TKJ 1 di SMK N 1 Kota Bengkulu, dimana yang awalnyahasilbelajarsiswakurangmaksimaldansiswakurangkonsentrasidalampembelajaran yang sedangberlangsung, setelahmenggunakan model meaningful instructional siswamenjadilebihantusias,aktifdansemangatdalampembelajaranberlangsungdanpembelajarantidakterasamonotonlagidenganmenggunakan model meaningful instructional design ini. Kata kunci :Implementasi, Meaningful Instructional Design, HasilBelajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Komputer |
Depositing User: | User 1 |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 03:16 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 03:16 |
URI: | http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1244 |
Actions (login required)
View Item |