PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 13 KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU

SHAHID MULYA, AKBAR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 13 KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
SHAHID MULYA AKBAR abstrak.pdf

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 13 Kaur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, tes soal dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menganalisis data berbasis angka dan mengubah data ke dalam format numerik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol 37 dan kelas eksperimen 37,75 sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol diperoleh 71,5 dan kelas Eksperimen 84. Dari analisis data yang telah dilakukan menggunakan paired sampel test diperoleh nilai Sig (2 Tailed) yaitu 0,000 pengujian dilakukan dengan menggunakan level signifikansi 0,05 (ɑ=5%) dapat ditulis secara statistik 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 13 Kaur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division terhadap hasil belajar siswa kelas VII DI SMPN 13 Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:18
Last Modified: 20 Sep 2024 04:18
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item