POLA HUBUNGAN PATRON KLIEN DAN KEPUASAN PETANI JERUK SIAM MADU TERHADAP TAUKE DI DESA AIR KELINSAR KECAMATAN ULU MUSI KABUPATEN EMPAT LAWANG

REXSY OKTA, HARIANTO (2024) POLA HUBUNGAN PATRON KLIEN DAN KEPUASAN PETANI JERUK SIAM MADU TERHADAP TAUKE DI DESA AIR KELINSAR KECAMATAN ULU MUSI KABUPATEN EMPAT LAWANG. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
Rexsi Okta Harianto Pertanian.pdf

Download (99kB)

Abstract

Hubungan yang terjadi antara petani jeruk siam madu dengan tauke di Desa Air Kelinsar saling tergantung. Ketergantungan dapat dilihat dari tauke membutuhkan jeruk siam madu yaitu hasil panen petani dan petani membutuhkan tauke dalam penjualan jeruk siam madu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pola hubungan patron-klien antara petani jeruk siam madu dengan tauke dan menganalisis kepuasan petani jeruk siam madu terhadap tauke di Desa Air Kelinsar Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis kepuasan dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola hubungan patron klien yang terjadi di Desa Air Kelinsar dikarenakan antar petani dan tauke saling ketergantungan terutama dalam penjual jeruk siam madu yang dimiliki petani, sehingga timbul hubungan yang terjadi: pertama hubungan ekonomi yang meliputi hutang-piutang dan jul-beli jeruk siam madu. Kedua, hubungan non-ekonomi yamg meliputi bantuan dan kesetiaan. Kepuasan petani jeruk siam madu terhadap tauke memiliki rata-rata 32,8 yang berarti kepuasan petani jeruk siam madu terhadap tauke berkategori sangat puas dalam menjalin hubungan kerjasama jual beli. Kata Kunci: Jeruk Siam Madu, Patron-Klien, Tauke, Kepuasan Petani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:49
Last Modified: 23 Sep 2024 01:49
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item View Item