ANALISIS KETERAMPILAN MENUTUP KELAS PADA GURU PJOK DI MI PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU

HENGKI, SAPUTRA (2024) ANALISIS KETERAMPILAN MENUTUP KELAS PADA GURU PJOK DI MI PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
Hengki Saputra_abstrak.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menutup kelas pada guru PJOK di MI Plus Ja-Alhaq dengan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif dengan metode observasi dan dokumentasi yang teridiri dari informan penelitian guru PJOK, guru, siswa, peneliti, dan teman peneliti. Hasil penelitian tentang keterampilan guru dalam menutup kelas disimpulkan bahwa sudah baik yang terdiri dari tiga indikator dan delapan butir penilaian. Dengan rata – rata yaitu 88% secara keseluruhan kelas 1 sampai kelas 6 dengan rincian setiap kelasnya yaitu; diperoleh data pada kelas 1 diperoleh skor 129 dengan persentase 81%, kelas 2 diperoleh skor 132 dengan persentase 83%, kelas 3 diperoleh skor 139 dengan persentase 87%, kelas 4 diperoleh skor 140 dengan persentase 88%, kelas 5 diperoleh skor 151 dengan persentase 94%, dan kelas 6 diperoleh skor 149 dengan persentase 93%. Keterampilan menutup kelas guru PJOK harus mampu dalam memberikan gambaran terkait materi yang telah dipelajari, memberikan tugas, mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi, memberikan pesan kesan, mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar, mengumpulkan, membariskan, dan menghitung siswa, memimpin pendinginan, memimpin berdo’a dan memberi salam. Kata Kunci : Keterampilan Menutup Kelas, Guru PJOK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:40
Last Modified: 23 Sep 2024 02:40
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item