ANALISIS PEMBERIAN PENGHARGAAN/PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN PJOK BAGI GURU OLAHRAGA SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU

IRFAN, GUNAWAN (2024) ANALISIS PEMBERIAN PENGHARGAAN/PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN PJOK BAGI GURU OLAHRAGA SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Dehasen Bengkulu.

[img] Text
IRFAN GUNAWAN_abstrak.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan memberi penguatan guru dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri 19 Kota Bengkulu. Objek penelitian ini berupa keterampilan memberi penguatan. Setting penelitian mengambil tempat di kelas V SD Negeri 19 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan komponen keterampilan memberi penguatan dalam pembelajaran yang mencangkup penguatan verbal dan penguatan non verbal. Penguatan verbal diterapkan dengan memberikan pujian dengan kata-kata dan kalimat. Penerapan penguatan non verbal dilakukan gerakan mimik dan gerakan badan, penguatan dengan sentuhan, penguatan melalui kegiatan yang menyenangkan, penguatan berupa simbol atau benda, dan penguatan tak penuh. Selain itu, guru juga menerapkan cara penggunaan penguatan dalam pembelajaran yang mencangkup penguatan kepada pribadi tertentu, penguatan kepada kelompok, pemberian penguatan dengan segera, dan variasi dalam penggunaan penguatan. Dalam menerapkan keterampilan memberi penguatan guru memperhatikan pula prinsip-prinsip pemberian penguatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:23
Last Modified: 27 Sep 2024 02:23
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item View Item