HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG ASMA DAN KECEMASAN TERHADAP TINGKAT KONTROL ASMA DI RSUD DR. M YUNUS BENGKULU TAHUN 2019

VEVI LOVESIA, VEVI (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG ASMA DAN KECEMASAN TERHADAP TINGKAT KONTROL ASMA DI RSUD DR. M YUNUS BENGKULU TAHUN 2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU.

[img] Text
VEVI LOVESIA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penderita asma berjumlah sebanyak 300 juta individu. Prevalensi asma secara global berkisar antara 1-16% populasi (Global Initiative for Asthma, 2017). Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui Hubungan Pengetahuan Tentang Asma Dan Kecemasan Terhadap Tingkat Kontrol Asma Poli Penyakit Dalam Di RSUD DR. M. Yunus Bengkulu Tahun 2019.. Metode yang digunakan adalah desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian berjumlah 84 responden di RSUD DR. M. Yunus Bengkulu Tahun 2019 dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan uji statistik chi-Square dengan nilai ɑ=<0,05. Hasil analisis uji univariat bahwa sebagian besar dari responden (54,8%) memiliki pengetahuan tinggi, dan sebagian besar dari responden (65,5%) mengalami kecemasan ringan. Hasil analisis bivariat ada Hubungan Pengetahuan Tentang Asma Terhadap Tingkat Kontrol Asma Poli Penyakit Dalam Di RSUD DR. M. Yunus Bengkulu Tahun 2019 (p value = 0,000) dan Hubungan Kecemasan Terhadap Tingkat Kontrol Asma Poli Penyakit Dalam Di RSUD DR. M. Yunus Bengkulu Tahun 2019 (p value = 0,000). Kepada pihak instansi RSUD DR. M. Yunus Bengkulu diharapkan perlu peningkatan pengawasan dalam meningkatkan pengetahuan pasien asma serta evaluasi tingkat control asma. Kata Kunci : Pengetahuan, kecemasan, Tingkat Kontrol Asma Keterangan : 1: Calon Sarjana Keperawatan 2: Pembimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kesehatan > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Jeffry Adi Nugraha
Date Deposited: 07 Jan 2022 05:12
Last Modified: 07 Jan 2022 05:12
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item