KOMUNIKASI TERAPEUTIK ANTARA KONSELOR DENGAN PECANDU NARKOBA (Studi Pada di Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) 127 Peduli Sosial Nasional Bengkulu)

Harlis, Susanto (2025) KOMUNIKASI TERAPEUTIK ANTARA KONSELOR DENGAN PECANDU NARKOBA (Studi Pada di Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) 127 Peduli Sosial Nasional Bengkulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS DEHASEN.

[img] Text
ABSTRACT_Harlis Susanto-MFE.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh konselor adiksi dalam menerapkan peran-peranya pada proses rehabilitasi sosial Di IPWL Peduli sosial Nasional (PESONA) Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, Penelitian mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi dan orang baik secara individual ataupun kelompok. Informan penelitian ada empat orang klien yang menjalani rehabilitasi sosial dan dua Orang Konselor adiksi yang bertugas melakukan pelayanan Rehabilitasi di IPWL Peduli Sosial nasional (PESONA) Bengkulu. Adapun Lokasi Penelitian ini di Lembaga Rehabiltasi IPWL Peduli Sosial Nasional( PESONA)Bengkulu. Hasil penelitian terdapat tiga tahapan implementasi komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh konselor adiksi pada proses pelayanan rehabilitasi yaitu komunikasi terapeutik pada fase perkenalan, fase kerja dan fase pengakhiran serta komunikasi terapeutik yang dimiliki konselor adiksi sangat berdampak maksimal dalam penerapan peran-peran konselor adiksi pada pelayanan rehabilitasi bagi pecandu narkoba di IPWL Peduli Sosial Nasional (PESONA) Bengkulu. Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Peran konselor Adiksi, Rehabilitasi sosial Pecandu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:11
Last Modified: 02 Sep 2025 06:11
URI: http://repository.unived.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item View Item